27
JAN

SERBA LIPAT DAN HEMAT DI APARTEMEN 23 m2

Memiliki apartemen mungil bukanlah alasan untuk tinggal dalam kesesakan. Dengan penataan dan aplikasi furnitur yang tepat, hunian sempit akan tampil lebih lapang.

Demikianlah upaya yang dilakukan oleh arsitek Satriyo AP Nugroho dan Astri Kania, desainer interior sekaligus pemilik Arcade living, yang membantu pasangan Indra Aditya dan Almira Alodia Bawono mendandani unit apartemen mereka. One Bedroom unit milik pasangan pengantin baru bagian dari Tower Royal Apartemen Kebagusan City di Kebagusan Jakarta Selatan ini, praktis hanya memiliki ukuran luas efisien sekitar 23 meter persegi.



Kedua praktisi rancang bangun ini kemudian berkolaborasi untuk menciptakan hunian yang nyaman meski luasannya terbatas. Mereka menghilangkan dinding kamar tidur - sehingga tercipta ruang terbuka tanpa sekat, kecuali pada kamar mandi - lalu merancang elemen pengisi ruang yang sesuai.

Setiap rancangan furnitur dibuat sedemikian rupa sehingga mampu mendukung kesan lapang dari one bedroom unit yang telah diubah layaknya unit studio. Dalam kasus ini, furnitur memang memegang peran yang sangat penting. Bentuk dan ukuran furnitur yang berlebihan harus dihindari, karena setiap jengkal ruang sangatlah berharga dan harus dimanfaatkan seefisien mungkin. Oleh karena itu, semua furnitur dirancang dengan konsep minimalis. Bentuknya cenderung simpel serta memiliki ukuran tepat sesuai area penempatan yang telah ditentukan.

PENTINGNYA AREA SIMPAN

Salah satu yang penting pada hunian sempit adalah rancangan tempat penyimpanan (storage). Bagaimana caranya agar hunian tetap terkesan rapi tanpa kekurangan ruang simpan. Demikian yang dilakukan oieh Satriyo dan Astrid. Mereka membuat cukup banyak ruang penyimpanan dengan mempertimbangkan efisiensi ruang.