21
APR

Long Lasting Style

Klasik adalah salah satu gaya arsitektur yang cenderung tidak membosankan dan tidak pernah ketinggalan zaman.

Alasan yang sama disampaikan pemilik hunian di kawasan Lebak Bulus ini. Mereka menginginkan hunian dengan gaya arsitektur yang long lasting—bertahan lama dan tak lekang oleh waktu—yang agaknya terwakili oleh hunian gaya klasik. Desain bangunan bergaya klasik melengkapi tatanan interior dengan tema senada, tanpa mengorbankan kaidah arsitektural.

Elemen klasik yang abadi

Nuansa klasik hunian dua lantai ini tidak saja diekspresikan dengan ukurannya yang besar dan kokoh identik gaya klasik, melainkan juga lewat aplikasi berbagai elemen arsitektur eksterior maupun interior. Mengamati fasade rumah dari kejauhan, ingatan kita akan segera melayang pada gaya klasik yang timeless. Hunian tampak megah dan kokoh dengan kehadiran pilar-pilar beton bergaya doric dengan alur vertical yang khas. Pilar-pilar tinggi tersebut seakan membingkai main entrance yang dibuat melebihi skala manusia dan balkon di atasnya. Ukiran klasik juga mulai ditampilkan pada pagar teralis balkon, lampu gantung dan juga lampu dinding di kedua sisi pintu utama.

Kolom besar ditambah aplikasi profil pada dinding dan plafon juga memberi nuansa klasik pada ruang dalam. Nuansa klasik ruang dalam juga diperkuat oleh elemen pembentuk dan pengisi ruang. Kita akan mendapati ruang yang sangat lapang berisi set sofa berukuran besar khas gaya klasik; beberapa perabot berukir, berbahan leather, atau dilapis upholstery fabrik motif floral atau damask. Motif yang erat dengan gaya klasik tersebut juga hadir pada wallpaper, karpet/rugs, dan berbagai soft furnishing. Tirai berbahan tebal yang menjuntai melengkapi gaya klasik tersebut.

Dapur bersih dengan sentuhan klasik yang mewah dan elegan, hasil rancangan dari Arcade Living, menjadi salah satu ruangan yang eye catching. Balutan warna putih finishing duco, dengan lis-lis profil pada daun pintu, nampak kontras dikombinasi dengan cermin dan granit,

Nuansa warna interior

Warna putih terang yang dipilih sebagai pelapis dinding eksterior selain memberi kesan klasik yang mewah dan elegan, juga mengekspresikan nuansa modern. Aksen ditampilkan lewat warna hitam pada beberapa elemen arsitektur seperti pagar balkon berukir, lampu gantung dekoratif pada balkon, lampu dinding di kedua sisi pintu utama, juga handel pintu berukir.

Meski telah melewati main entrance, nuansa putih masih terbawa. Namun, pada tatanan interior putih terang dikombinasikan dengan ragam putih lain, seperti broken white, offwhite, dll. juga warna-warna bernuansa klasik, seperti cokelat, krem, beige, kuning keemasan, dll. yang hadir lewat aplikasi wallpaper, karpet/rugs, upholstery, soft furnishing juga elemen dekoratif.

Secara keseluruhan, pemilik hunian ini telah memilih gaya klasik sesuai dengan seleranya, yang notabene memadukan beberapa genre klasik termasuk juga mengkombinasikannya dengan beberapa konsep modern.      

Depok 21 April 2016 - Dwi Klarasari untuk Majalah Rumahku



Ibu Dinda Chafeis menyukai sudut di area foyer ini, yang didominasi warna putih berpadu dengan nuansa krem hingga cokelat tua. Selain warna, karakter klasik juga hadir lewat model furnitur, kekhasan motif floral, juga aplikasi beragam elemen dekoratif, termasuk salah satu koleksi tapestry klasik berlatar dinding bermotif strip .



Karakter klasik tampak dari fasade hunian bernuansa putih yang megah dan kokoh lengkap dengan dinding berprofil dan pilar-pilar doric beralur. Aksen hitam yang menambah kesan klasik hadir lewat pagar balkon berukir, lampu gantung dan lampu dinding model klasik, juga handel pintu utama. 


  

Ruang luar yang dilengkapi dengan kolam renang selain fasilitas rekreasi/olah raga juga berpotensi mendukung terciptanya iklim mikro yang menyejukkan. Tampak karakter fasade samping yang tidak jauh berbeda dengan tampak depan dalam menampilkan karakter klasik.



Nuansa klasik di ruang tamu bernuansa cokelat-krem ini terasa sangat kental oleh dominasi motif floral dan damask yang dihadirkan lewat karpet/rugs, wallpaper, juga upholstery, chusion cover serta runner. Set sofa berukuran besar serta chandelier menguatkan ekspresi klasik yang ingin ditampilkan. Lukisan dalam frame keemasan menjadi point of interest yang menarik.



Didesain oleh Arcade Living, dapur bersih tampil eye catching. Dominasi warna putih berpadu dengan hitam menampilkan dapur bernuansa modern klasik yang mewah dan elegan. Garis lekuk profil yang tidak terlalu rumit pada dinding, plafon, kabinet, juga island, ditambah runner bermotif floral mewakili ciri klasik, sementara elemen pengisi termasuk lampu gantung dan berbagai appliance mewakili ciri modern

Ada dua area makan, yaitu set meja makan bundar empat kursi dan meja makan persegi delapan kursi. Set meja bundar digunakan untuk acara makan sehari-hari, sementara set meja makan meja persegi untuk acara makan resmi seperti menjamu tamu, dll.. Terbuat kombinasi kayu solid dan bahan lembut dengan upholstery leather-fabric motif floral bernuansa cokelat-krem, yang dialasi karpet/rugs yang secara keseluruhan mengekspresikan gaya klasik. . Chandelier dengan sentuhan klasik yang simple melengkapi desain plafon dengan lis profilnya.

Ruangan luas berisi perabot-perabot besar dan tirai tebal yang menjuntai hingga ke lantai yang identik dengan ciri klasik, ditampilkan oleh bagian yang menjadi pusat hunian, yaitu ruang duduk. Karakter klasik diperkuat dengan kehadiran pilar-pilar, railing tangga berukir, juga profil pada dinding/plafon serta motif floral atau damask pada upholstery dan soft furnishing, juga dua chandelier yang eye catching. Perpaduan warna putih dan cokelat dalam berbagai tone menyempurnakan ekspresi tersebut.



Nuansa klasik yang hangat hadir di ruang tidur utama lewat kombinasi warna putih, cokelat lantai parket, serta nuansa krem-beige, dan juga dominasi motif floral-damask yang dihadirkan wallpaper, karpet/rugs, upholstery dan soft furnishing lain. Tampilan disempurnakan dengan aplikasi perabot berdesain klasik dan aplikasi beberapa elemen dekoratif, seperti cermin berbingkai ukir, side lamp, dsb.



Walk in closet menghadirkan ekspresi modern klasik yang mewah lewat dominasi nuansa putih, juga desain profil pada meja island dan wardrobe berpanel cermin serta aplikasi rugs motif floral dan chandelier. Arcade Living menempatkan area penyimpanan secara kompak, padu padan material duco dan cermin, sehingga barang-barang tak hanya dapat tersimpan rapi, namun ruangan juga terlihat luas.



Kamar mandi modern di ruang tidur utama yang relatif luas. Meskipun tidak banyak, namun nuansa klasik biru toska dari kabinet juga bath mat bercorak strip yang eye catching di antara dominasi warna putih, membuat kamar mandi tampil lebih menarik dan elegan.